Rabu, 06 Juli 2011

Catatan Kecil di Hari-hari Sebelum Kepergian Wisran Hadi

Meninggalkan Sagarobak Tulak Buah Tangan
Yusrizal KW
http://padangekspres.co.id/

Panggilan handphone pertama saya di Selasa pagi 28 Juni 2011 adalah dari sastrawan Darman Moenir. Pengarang ”Bako” itu langsung bertanya, ”Sudah dapat kabar?” Saya balik bertanya, ”Kabar apa, Bang?”

”Pak Wisran sudah mendahului kita pukul 07.30 tadi,” kata Darman sedikit tercekat. Innalillahi wa inna ilaihi raajiun. Hampir tak percaya, bahwa orang yang bagi saya terasa bagai orangtua, guru dan sahabat dekat itu, telah menghadap-Nya dalam usia 66 tahun.

Setelah berita duka itu mengaduk-aduk perasaan, mata saya yang sabak mengarah ke sebuah meja di ruang kerja saya di rumah. Di atas meja itu saya melihat sebuah compact disk (CD), warna kuning. Di CD itu ada tulisan tangan pemiliknya: Draft Buku Wisran Hadi 2011.
Tiba-tiba saya merasa takut CD itu rusak. Segera saya copy-kan ke komputer, flashdisk dan hardisk eksternal. Saya takut, CD berisi naskah penting Apak (panggilan saya kepada Wisran Hadi) itu rusak atau hilang.

CD tersebut diserahkan Wisran Hadi ke saya, tanggal 20 Juni 2011 siang, di hadapan Wakil Presiden Komisaris Padang Ekspres Wiztian Yoetri, yang kebetulan juga berkunjung ke Distro Sembalakon milik saya di Jalan Gajah Mada 10 Padang.

”KW, di dalam CD ko lengkap naskah-naskah pilihan Apak. Terbitkanlah, dan jangan dikurang-kurangi. Berapa pun tebal halamannya, harus sebanyak itu diterbitkan. Sampaikan juga ke Sutan Zaili,” kata pengarang yang dikenal dengan naskah ”Jalan Lurus” ini ketika itu. Naskah-naskah berisikan esei, artikel atau makalah-makalah terbaik Wisran Hadi itu sudah diberi judul untuk buku, yaitu Sagarobak – Tulak Buah Tangan Wisran Hadi: ANAK DIPANGKU KEMENAKAN DI BIM.

CD berisi tulisan-tulisan terbaik Wisran Hadi yang akan dibukukan itu, sesungguhnya bermula dari obrolan kami berdua. Bahwa, buku-bukunya yang banyak diterbitkan saat ini, hanya berupa naskah drama dan novel serta cerpen. Tapi, tidak satu pun buku yang utuh memuat tulisan-tulisan atau pikiran-pikiran Wisran Hadi sebagai budayawan, tokoh intelektual dalam melihat dan memaknai serta mengkritisi berbagai persoalan di Ranah Minang dan Indonesia.

Ketika bersilaturahmi ke rumah Sutan Zaili Asril (Kepala Divre Riau Pos Group Padang), 17 Mei lalu, pembicaraan soal penerbitan adalah topik utama kami. Sutan Zaili menyampaikan, kalau dia akan menerbitkan beberapa buku kumpulan tulisannya yang pernah dimuat Padang Ekspres. Termasuk Cucu Magek Dirih, dan beberapa novel. Ternyata, Wisran memberi masukan.

Ia sarankan Sutan Zaili tidak menerbitkan kumpulan tulisan atau artikelnya. Karena, Wisran tahu Sutan Zaili juga menulis novel, Wisran menyarankan, sebaiknya novel-novel Sutan Zaili yang diterbitkan. Karena, ”orang koran” menulis novel, dan beredar, ini hal luar biasa. Tapi, kalau artikel atau esei-esei, kesannya masih umum dan biasa. Kecuali ada yang sangat luar biasa di tulisan-tulisan tersebut. ”Tapi kalau novel Zai, jadi lain nilainya….” kata Wisran ketika itu. Zaili merasa mendapatkan masukan berarti, mengangguk.

Kepada saya dan Wisran Hadi, Sutan Zaili pun menyampaikan, ia dan Padang Ekspres tentu, akan menerbitkan naskah Wisran Hadi tersebut. Dalam perjalanan pulang, saya berkata ke Wisran, ”Apak siapkan naskah itu ya. Akhir Juli paling lambat.” Mulanya penerima hadiah sastrawan ASEAN (Sea Writers Award) dari Raja Thailand ini menilai waktu itu tidak cukup untuk mengumpulkan ratusan tulisannya, kemudian memilah dan mengedit jadi naskah bukua siap cetak. Tapi, saya katakan, ”Setidaknya bulan Ramadhan, pertengahan Agustus 2011 ini naskahnya siap ya, Pak!”

Peraih Federasi Teater Indonesia Award ini menyanggupi deadline yang kami sepakati. Ternyata, bulan Juni masih terpaut di angka 20, Juli dan Ramadhan belum tiba, tokoh kelahiran 27 Juli 1945 ini sudah datang ke saya dan menyerahkan naskah-naskahnya, yang memang sangat banyak: sagarobak tulak istilah beliau.

Berselang delapan hari, setelah naskah itu diserahkan ke saya, Apak—Wisran Hadi, berpulang menghadap-Nya. Tiba-tiba saya merasakan kesedihan mendalam. Sehingga untuk menulis obituarinya pun saya kehilangan kata, karena begitu banyak yang ingin disampaikan dan tak terkatakan. Saya tidak hanya kehilangan orang hebat, orangtua, guru dan sahabat, tapi juga kehilangan teman maota dan berdiskusi di hari-hari yang tidak direncanakan, di ketika suka-suka kami berdua saja.

Ketika melihat CD warna kuning itu, yang diserahkan lebih cepat dari waktu yang dipatok kepada saya, akhirnya kini saya pahamai, kalau itu sebuah isyarat, ternyata Apak pergi lebih cepat. Ya, pergi lebih cepat!

Buah Tangan

Akhirnya CD warna kuning berisi ”sagarobak tundo” tulisan-tulisan nonsastra Wisran Hadi, berisi 78 artikel, yang telah dikelompokkannya menjadi lima bagian sesuai tema saya rasakan sebagai isyarat bermakna. Tulisan-tulisan tersebut dipilihnya dari ratusan artikel atau esei dan makalah yang telah ia lahirkan sepanjang hidupnya.

Malam hari, menjelang tidur, saya berpikir-pikir tentang judul dari naskah buku yang diamanahkan kepada saya itu. Saya ulang menggumamnya dalam hati: Sagarobak-Tulak Buah Tangan Wisran Hadi, ANAK DIPANGKU KEMENAKAN DI BIM.

Tiba-tiba saya terpaut pada kalimat ”Buah Tangan Wisran Hadi”. Ungkapan itu, secara tersirat, akhirnya bisa saya maknai, selain arti sebagai hasil karya, tapi lebih mendalam dan bermakna semacam “kenang-kenangan”, sesuatu yang diberikan atau diwariskan buat seseorang atau masyarakat dalam artian yang lebih besar kepada bangsa. Kenapa demikian. Setelah ia menyerahkan naskah-naskah itu, ia pergi untuk selamanya. Ia pergi tidak dalam hampa, tapi meninggalkan sesuatu, yang akan bermanfaat bagi orang yang kelak membaca ”buah tangan” itu.

Sebanyak 78 Naskah Wisran Hadi yang insya Allah segera diterbitkan Harian Padang Ekspres, akan menginspirasi dan berbagi makna kepada masyarakat pembacanya. Ada pesan tersirat di balik naskah-naskah yang ditinggalkannya pada saya tersebut.

Bahwa, semasa hidupnya, Wisran Hadi adalah seorang budayawan, yang senantiasa menjaga sikap independennya sebagai intelektual, yang esensi dari nilai gagasan serta pemikirannya, bisa terwakili melalui 78 naskah yang akan diterbitkan tersebut.

Dan jika buku ini terbit kelak, artinya, inilah satu-satunya naskah nonsastra Wisran Hadi, yang mewakili sikap, pikiran dan integritasnya. Dan, tentu, ia punya alasan untuk mengatakan ”buah tangan”, setidaknya, ia mewarisi pemikiran dan ilmu yang bermanfaat bagi generasi hari ini dan mendatang.

Kegelisahan

Dalam obrolan lepas di hari-hari bulan Juni ini, Wisran Hadi sering seperti kecewa. Tapi, dari ekspresi wajahnya, saya melihat ia geram. Geram dan muak pada berbagai persoalan yang membelit bangsa ini, yang menurutnya, tengah terjadi pelemahan nilai-nilai dan hancurnya makna kejujuran dalam artian yang parah dan mencemaskan. Termasuk di Ranah Minang sendiri.

”Apak muak bana ko ha,” katanya pada saya. Ia galau, dan memang merisaukan persoalan yang tengah terjadi, seakan sedang berada dalam proses penghancuran nilai-nilai di Ranah Minang, di Indonesia umumnya. Karena itu, ia berkeyakinan, hal demikian tidak boleh dibiarkan. Harus ada cara untuk menegakkan kebenaran, kegelisahan dan kemuakan yang mendera. Salah satunya, teater bisa mengobati kemuakannya itu, atau ia bisa menyampaikan sesuatu melalui teater.

”KW,” katanya kepada saya. ”Apak ingin mentas, kembali menyutradarai naskah teater tahun ini,” sambungnya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ia menyuruh saya mencari pemain baru. Bukan orang teater yang sudah ada dan pernah main. Kalau bisa, anak-anak yang masih di SMA.

Dan keinginan itu, pun disampaikan kepada Sutan Zaili Asril. Ternyata, Sutan Zaili menjawab positif, ”Abang tak usah pikirkan selain karya. Pokoknya berkarya saja. Siapakan pementasannya. Sponsor dan dana, biar menjadi bagian saya dan Yusrizal KW.” Saya melihat kelegaan di wajah Wisran Hadi.

Ternyata, saya belum sempat berpikir bagaimana cara merekrut pemain untuk disutradarainya, pendiri Bumi Teater ini lebih dulu dipanggil Tuhan. Padahal, di sisi lain, saya sudah menyiapkan gambaran tim kerja, salah satunya Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Montosori, yang setuju membantu menggarap sponsor untuk pertunjukan Wisran Hadi.

”Kita garap sungguh-sungguh manajemen pertunjukan Pak Wis ini ya,” kata Montosori, ikut semangat. Dan, ketika kini menyadari sutradara itu telah pergi untuk selamanya, saya dan tentu juga Sutan Zaili, merasa Yang Maha Sutradara telah memanggil orang yang kami segani, hormati dan dalam bentuk yang khusus kami sayangi.

Nyali Keberanian

Saya merasa beruntung bisa dekat dengan Wisran Hadi, juga dengan istrinya Raudha Thaib, karena ada sisi lain yang saya dapat yang mungkin tidak ada di tempat lain. Tak perlu panjang-panjang menjelaskan siapa Wisran Hadi sesungguhnya, karena, dunia kebudayaan, cukup mengenalnya.

Menurut saya, Wisranlah orang yang betul-betul paling merdeka dalam berkarya. Dalam menulis, ia tanpa basa-basi. Bahasanya lugas, metafornya banyak, kritikannya tajam, dan di ”mata penanya”, semua umat sama. Karena itu, apa pun pangkat orangnya, ia tidak takut mengkritik atau melawan dengan tulisan, diskusi atau dialog. Bukan suatu yang aneh, kalau ada orang merasa keder duluan untuk adu argumentasi dengan penulis Jilatang ini.

Dari Wisran disadari atau tidak, saya belajar, bahwa untuk menegakkan kebenaran, diperlukan nyali yang hebat. Jika tidak, di zaman orang-orang bebal dan bobrok yang banyak berkuasa, kebenaran akan terkubur. Karena itu, saya akhirnya bisa paham, tulisan yang penuh basa-basi bagi putra Haji Darwas Idris, imam besar Masjid Raya Muhammadiyah ini, untuk beberapa hal tidak mangkus memberi perubahan atau daya kejut sebagai kritik sosial. Cara Wisran dalam mengkritisi berbagai persoalan inilah yang kadang mendapat respons masyarakat.

Negeri ini, sebenarnya masih membutuhkan Wisran Hadi. Dunia kebudayaan Sumatera Barat tentu agak canggung kehilangan salah seorang tokoh besarnya, yang melontarkan pikiran serta kritikan yang merdeka dan memerdekakan, tanpa ada kepentingan lain di dalamnya.

Bagi saya, Wisran Hadi adalah orang yang meleburkan dirinya pada persoalan-persoalan sosial, budaya dan juga politik dalam artian menjaga dengan tegas dan kearifan. Ia muncul, memberi ”daya kejut” dan ”daya gaduh” bagi yang tidak berjalan pada koridor hidup yang benar. Melalui rubrik Jilatang dan Kabagalu (Sabai), ia bisa mengekspresikan kemarahan atau kemuakannya terhadap fenomena sosial yang lagi hangat.

Wisran Hadi adalah orang yang gelisah, yang selalu memelihara sikap kritis. Kegelisahan itu kemudian menjadi energi untuk melahirkan karya-karya bermutu yang mampu memberikan pencerahan. Karena itu, kita selalu mendapatkan karya-karya Wisran Hadi yang melekat di hati pembaca, seperti novel Tamu, Orang-orang Blanti, Imam, Negeri Perempuan dan dari Tanah Tepi. Untuk naskah drama Wisran dikenal dengan Empat Sandiwara Orang Melayu, Empat Lakon Perang Paderi, Wanita Terakhir, Anggun Nan Tongga, dll.

Tulisan ini, hanya catatan kecil bersama Wisran Hadi, di hari-hari terakhir bersamanya. Setidaknya, ada yang bisa dikenang, ia pergi dengan meninggalkan buah tangan, untuk bangsanya. Apak, selamat jalan yo! Terima kasih buah tangannya. Kami akan selalu mendoakanmu, dengan ikhlas dan cinta! (*)

[ Red/Redaksi_ILS ] : http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=7337

Tidak ada komentar:

A Rodhi Murtadho A. Anzieb A. Azis Masyhuri A. Dahana A. Mustofa Bisri A. Muttaqin A. Qorib Hidayatullah A. Yusrianto Elga A. Zakky Zulhazmi A.S Laksana Aan Frimadona Roza Aang Fatihul Islam Abd. Rahman Mawazi Abdul Azis Sukarno Abdul Aziz Rasjid Abdul Kirno Tanda Abdul Wachid B.S. Abdurrahman Wahid Acep Iwan Saidi Acep Zamzam Noor Achmad Sunjayadi Adek Alwi Adhy Rical Adi Marsiela Adian Husaini Adin Adzka Haniina Al Barri AF. Tuasikal Afnan Malay AG. Alif Agama Para Bajingan Agnes Rita Sulistyawaty Aguk Irawan MN Agung Poku Agus Aris Munandar Agus B. Harianto Agus Buchori Agus Himawan Agus R. Subagyo Agus Salim Agus Sri Danardana Agus Sulton AH J Khuzaini Ahda Imran Ahmad Fatoni Ahmad Kekal Hamdani Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Musthofa Haroen Ahmad Naufel Ahmad Sahal Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Tohari Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhiriyati Sundari Akhmad Sekhu Akhmad Sofyan Hadi Akhmad Taufiq Alang Khoiruddin Alex R Nainggolan Alfred Tuname Ali Irwanto Ali Syamsudin Arsi Alunk Estohank Alvi Puspita Amandus Klau Amel Amien Kamil Anam Rahus Andaru Ratnasari Andong Buku #3 Angela Anggraini Lubis Anindita S Thayf Anjrah Lelono Broto Anton Kurnia Anwar Siswadi Aprinus Salam Ardus M Sawega Ari Pahala Hutabarat Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arti Bumi Intaran Arwan Tuti Artha AS Sumbawi Asarpin Asep Juanda Asep Salahudin Asep Sambodja Asrama Mahasiswa Aceh Sabena Astrid Reza Atmakusumah Awalludin GD Mualif Awan Abdullah Ayi Jufridar Azyumardi Azra B Sugiharto Badrut Tamam Bagja Hidayat Bahrul Ulum A. Malik Bakdi Soemanto Balada Bambang kempling Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Baskara T Wardaya SJ Bayu Agustari Adha Bayu Ambuari Beni Setia Benny Arnas Bentara Budaya Yogyakarta Berita Berita Duka Berita Utama Bernando J. Sujibto Berthold Damshauser Berto Tukan BI Purwantari Binhad Nurrohmat Bokor Hutasuhut Bonnie Triyana Brunel University London Budaya Budi Darma Budi Hutasuhut Budi P. Hatees Budiarto Shambazy Buldanul Khuri Catatan Cecep Syamsul Hari Cerbung Cerpen Chairil Anwar Chamim Kohari Chandra Iswinarno Cover Buku D. Zawawi Imron Dadan Sutisna Dadang Ari Murtono Dahta Gautama Damanhuri Damar Juniarto Damhuri Muhammad Dami N. Toda Damiri Mahmud Danang Probotanoyo Danarto Daniel Paranamesa Dareen Tatour Darju Prasetya Darma Putra Darwis Rifai Harahap Dayat Hidayat Dede Kurniawan Deepe Denny JA Denny Mizhar Dessy Wahyuni Dewan Kesenian Lamongan (DKL) Dhewi Susanti Dian Hartati Diana AV Sasa Djasepudin Djenar Maesa Ayu Djoko Pitono Djoko Saryono Djunaedi Tjunti Agus Doan Widhiandono Doddy Hidayatullah Dodiek Adyttya Dwiwanto Dody Kristianto Donatus Nador Donny Anggoro Dr Junaidi Dr. Simuh Dwi Cipta Dwi Pranoto Dwi Wahyu Handayani Dwicipta Dyah Ratna Meta Novi Edeng Syamsul Ma’arif Eduard Tambunan Edy Firmansyah Edy Sartimin Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Darmoko Eko Hendri Saiful Ellyn Novellin Elokdyah Meswati Emha Ainun Nadjib Endah Imawati Endhiq Anang P Endi Biaro Esai Eva Dwi Kurniawan Evan Ys Evi Idawati Evieta Fajar F Rahardi F. Rahardi Fahrudin Nasrulloh Faisal Kamandobat Faisal Syahreza Fanani Rahman Fatah Yasin Noor Fatkhul Anas Fatmin Prihatin Malau Fauzan Al-Anzhari Fenny Aprilia Festival Gugur Gunung Fikri. MS Firdaus Muhammad Fransiskus Nesten Marbun ST Franz Kafka Free Hearty Furqon Abdi Gde Artawan Gerakan Literasi Nasional Gerakan Surah Buku (GSB) Gerson Poyk Goenawan Mohamad Grathia Pitaloka Gugun El-Guyanie Gunawan Budi Susanto Gunoto Saparie Gus Noy H. Rosihan Anwar Hadi Napster Halim HD Hamdy Salad Han Gagas Hanibal W. Y. Wijayanta Haris del Hakim Haris Firdaus Hartono Harimurti Hary B Kori’un Hasan Junus Hasanudin Abdurakhman Hasif Amini Hasnan Bachtiar Hastho Suprapto Hawe Setiawan Helvy Tiana Rosa Hendra Junaedi Hendra Makmur Hendra Sugiantoro Hendriyo Widi Henry H Loupias Heri CS Heri Latief Herman Hasyim Herman RN Hermien Y. Kleden Hernadi Tanzil Herry Lamongan Hesma Eryani Hikmat Gumelar Hilyatul Auliya Hudan Hidayat Hujuala Rika Ayu Humam S Chudori I Nyoman Suaka I Nyoman Tingkat IBM Dharma Palguna Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi Idha Saraswati Idris Pasaribu Igk Tribana Ignas Kleden Ilham Khoiri Ilham Q. Moehiddin Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Indra Intisa Indra Tjahyadi Indra Tranggono Indrian koto Inggit Putria Marga Irman Syah Isbedy Stiawan ZS Ismi Wahid Istiqomatul Hayati Iswadi Pratama Iwan Gunadi Iwan Komindo Iwan Kurniawan J. Sumardianta Jamrin Abubakar Janual Aidi Javed Paul Syatha Jejak Laskar Hisbullah Jombang Jenny Ang Jihan Fauziah Jimmy Maruli Alfian Joko Sandur Joni Ariadinata Joni Lis Efendi Jual Buku Paket Hemat Jusuf A.N Kalis Mardi Asih Karkono Karya Lukisan: Andry Deblenk Kasnadi Katrin Bandel Kenedi Nurhan Khawas Auskarni Khoirur Rizal Umami Komunitas Deo Gratias Korrie Layun Rampan Kostela Kritik Sastra Kusno Kuswaidi Syafi’ie L.N. Idayanie Laksmi Pamuntja Lan Fang Lathifa Akmaliyah Leila S. Chudori Lies Susilowati Lily Yulianti Farid Lina Kelana Linda Sarmili Liza Wahyuninto LP3M Universitas Jember Lukman Asya Lutfi Mardiansyah M Arman AZ M Hari Atmoko M. Dhani Suheri M. Faizi M. Haninul Fuad M. Ikhsan M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S. M. Lukluk Atsmara Anjaina M. Yoesoef M.D. Atmaja Mahmoud Darwish Mahmud Jauhari Ali Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Maria Hartiningsih Marlin Bato Martin Aleida Marwanto Maryati Mas Ruscitadewi Mashuri Maya Azeezah Media: Crayon on Paper Melani Budianta Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Menggalang Dana Amal Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri Mestika Zed Michael Gunadi Widjaja Michael Ondaatje Mihar Harahap Mikhael Dua Mila Novita Misbahus Surur Misranto Moch. Faisol Moh. Asy'ari Muthhar Muh Muhlisin Muhammad Al-Fayyadl Muhammad Amin Muhammad Farhand Muzakki Muhammad Ghufron Muhammad Hidayat Muhammad Marzuki Muhammad Muhibbuddin Muhammad Qodari Muhammad Rain Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Muhammad Yulius Muhammadun A.S. Muhibin AM Muhidin M Dahlan Mulyadi SA Munawir Aziz Mursai Esten Musa Ismail Musfi Efrizal Muslim Kasim Musyafak N Teguh Prasetyo N. Mursidi N. Syamsuddin CH. Haesy Nanang Fahrudin Nanang Suryadi Naskah Monolog Naskah Teater Nasru Alam Aziz Nelson Alwi Nirwan Ahmad Arsuka Nissa Rengganis Noor H. Dee Noval Jubbek Novel Novelet Novianti Setuningsih Nu’man ’Zeus’ Anggara Nunung Nurdiah Nunuy Nurhayati Nur Ahmad Salman H Nur Cholish Zaein Nur Faizah Nur Hidayati Nuraz Aji Nurdin Kalim Nurel Javissyarqi Nuriel Imamah Nurul Anam Nuryana Asmaudi SA Ode Barta Ananda Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Pablo Neruda Pameran Lukisan Pamusuk Eneste Pandu Radea Pawang Surya Kencana PDS H.B. Jassin Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga Pramoedya Ananta Toer Pringadi AS Priyambodo RH Prosa Pudyo Saptono Puisi Puji Santosa PUstaka puJAngga Putu Wijaya Qaris Tajudin R. Dachroni R. Timur Budi Raja Rachmat H Cahyono Radhar Panca Dahana Rahmi Hattani Rainer Maria Rilke Rakai Rakhmat Giryadi Rama Prabu Ramadhan Batubara Rambuana Raudal Tanjung Banua Redland Movie Reiny Dwinanda Remy Sylado Resensi Restoe Prawironegoro Ibrahim Revolusi RF. Dhonna Ribut Wijoto Rida Wahyuningrum Ridwan Munawwar Rilla Nugraheni Rinto Andriono Risang Anom Pujayanto Riyon Fidwar Robin Al Kautsar Robin Dos Santos Soares Rodli TL Rofiqi Hasan Rosdiansyah Rosidi Roso Titi Sarkoro Rozi Kembara Rukardi Rz. Subagyo S Yoga S. Jai S.W. Teofani Sabrank Suparno Sainul Hermawan Sajak Salamet Wahedi Salman Rusydie Anwar Samsudin Adlawi Sapardi Djoko Damono Saripuddin Lubis Sastra Pemberontak SastraNESIA Sastri Bakry Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sayuri Yosiana Sekolah Literasi Gratis (SLG) Selo Soemardjan Senggrutu Singomenggolo Seni Rupa Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Sergi Sutanto Setia Naka Andrian Shiny.ane el’poesya Si Burung Merak Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Sinopsis Siti Muyassarotul Hafidzoh Siti Sa’adah Sitor Situmorang Siwi Dwi Saputro Sjaiful Masri Sjifa Amori SLG STKIP PGRI Ponorogo Soeharto Sofian Dwi Sofyan RH. Zaid Soni Farid Maulana Sony Prasetyotomo Sosiawan Leak Sri Fitri Ana Sri Wintala Achmad St Sularto Suci Ayu Latifah Sudarmoko Sugeng Satya Dharma Sujiwo Tejo Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sungging Raga Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sunudyantoro Supriyadi Surya Lesmana Suryanto Sastroatmodjo Suseno Sutan Iwan Soekri Munaf Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Sutirman Eka Ardhana Suwandi Adisuroso Suyadi San Switzy Sabandar Syah A. Lathief Syaifuddin Gani Syaiful Amin Syaiful Irba Tanpaka Syarif Hidayatullah Syifa Aulia Sylvianita Widyawati Tamrin Bey Tan Malaka TanahmeraH ArtSpace Taofik Hidayat Taufik Alwie Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teguh LR Teguh Pamungkas Teguh Setiawan Teguh Winarsho AS Temu Penyair Timur Jawa Th. Sumartana Theresia Purbandini Timur Sinar Suprabana Tjahjono Widarmanto Tjahjono Widijanto Tjut Zakiyah Anshari Tosa Poetra Toto Gutomo Tri Wahono Triyanto triwikromo TS Pinang Tu-ngang Iskandar Ulfatin Ch Ulil Abshar-Abdalla Umar Fauzi Ballah Universitas Indonesia Universitas Jember Utami Widowati Veven Sp. Wardhana W Haryanto W.S. Rendra Wandi Barboy Silaban Wanitaku-wanitaku Wawan Eko Yulianto Wawancara Wayan Sunarta Wayan Supartha Wendi Wildan Nugraha Wishnubroto Widarso Wong Wing King Y. Thendra BP Y. Wibowo Yanto le Honzo Yasraf Amir Piliang Yeni Mulyani Yesi Devisa Yohanes Sehandi Yona Primadesi Yudhis M. Burhanudin Yuli Akhmada Yulia Sapthiani Yuliarsa Yunanto Sutyastomo Yusri Fajar Yusrizal KW Yuval Noah Harari Zakky Zulhazmi Zawawi Se Zehan Zareez Zen Hae