Mihar Harahap
http://www.analisadaily.com/
AWAL bulan dan tahun 2012 ini, kebetulan atau kesengajaan, rasanya tepat sekali Redaktur menurunkan 3 cerpen yang berhasil menarik perhatian. Ada Eka Handayani Ginting, kali ini bercerita ‘Aku Ingin Melihat Kau Menangis, Ibu’. Disusul Sugeng Satya Dharma dengan judul singkat, ’Alif’. Kemudian, Ester Pandiangan yang diilhami ‘Amsal 30:17’. Menariknya, karena mengungkapakan bentuk kehidupan personal seseorang yang enak untuk disimak.
Kalau Eka, sesuai judul cerpennya, ‘aku’ (Gemala) ingin melihat ibunya menangis lantaran tak pernah dilihatnya menangis. Belakangan, baru dia tahu, jika ibunya memang tak bisa menangis akibat efek samping pengobatan suatu penyakit. Sugeng pula, ketika hendak membaca hidup, baru menyadari kalau dia kehilangan alif. Diapun mencari ke mana- mana. Sementara itu, Ester mengisahkan bagaimana seorang anak (Lasma) melayani ibu kandungnya, Tiur, yang rentan hipertensi, stroke dan amnesia.
Menurut hemat saya, ketiga cerpen ini bermuara ke pelabuhan Tuhan. Manusia itu selain makhluk individu/sosial, juga makhluk Tuhan. Terbukti, cerpen Sugeng sarat dengan pencarian nilai-nilai ketuhanan. Cerpen Eka dan Ester merupakan lukisan dampak negatif bila jauh dari kehidupan bertuhan. Hanya bedanya, kalau Ester langsung mendera Marningot melanggar Amsal 30:17, sedang Eka mengekspresikan Gemala dan ayahnya cenderung melupakan kehadiran Tuhan.
Pencarian Alif Tak Sudah
Tokoh cerpen Sugeng ini bernama Sugeng. Kuat dugaan Sugeng mendeskripsikan pergulatan batinnya sendiri dalam upaya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Terbukti ada ucapan: “Jika di hutan rambung nan sepi ini saja dia khawatir tersesat, bagaimana mungkin dia bisa leluasa menapaki hidup di tengah keramaian sebuah kota?”
Setahu saya, Sugeng pernah mandah ke Jakarta. Jadi, cerpen ini menjadi bagian pengakuan, gagal mencari alif di Jakarta kembali ke Medan, nun di Tanjung Morawa yang ramah lingkungan.
Di Afdeling III, perkebunan hutan rambung, mula-mula dia cari alif di dalam rumah di tumpukan buku, bawah kasur, kolong meja, balik karpet, lipatan baju, di kamar mandi, lubang sampah di depan rumah, bahkan ke balik sajadah musholla, tetap tak ada. Akan tetapi di mushola itu, ia bertemu dengan seseorang, 80 tahun, menurut saya adalah dirinya sendiri yang menguatkan pencarian itu.Kata orangtua itu:”Ingat anak muda, jika tak ada alif maka tak akan ada artinya hidup. Sia-sia.” Ia pun terus mencari alifnya yang hilang.
Kali ini Sugeng menapaki jalan kecil, licin, bebatuan, mentari menyengat. Setiba di simpang pertigaan, dia berhenti. Penat. Tak tahu ke arah mana lagi. Ah, dia benar-benar terpuruk, gamang, nol.
“Mungkinkah Tuhan memang sedang mempermainkanku. Atau Setan justru sedang menyusun siasat untuk semakin menyesatkanku,” pikirnya. Sayang, sohibnya Idris Pasaribu, Mihar Harahap, Jaya Arjuna tak di situ. Mungkin mereka lebih rasional merasakan yang mana permainan Tuhan dan yang mana siasat Setan. Dia hanya merasakan burung Jalak tiba-tiba berak tepat di kepala botaknya.
Mengingat matahari sudah mulai condong ke barat, alhasil dia bersikap melangkah lurus ke depan dengan mengundi nasib.
“Jika alifku ada di sana pastilah aku menemuinya. Jika tidak, mungkin itulah sudah peruntunganku,” pikirnya. Ternyata, dia kalah nasib. Dia berzikir panjang, pun tak menemukan alifnya.Dia temukan malah, seorang bocah lelaki, 10 tahun, menendang pantatnya. Dia terkejut, marah dan ingin menghajar bocah itu.Apa daya, seorang perempuan melindunginya.
“Apakah kalau alif-mu sudah kau temui maka anak-anakmu tak perlu makan nasi lagi? Apakah kalau alif-mu sudah ada di tanganmu, maka istri dan anak-anakmu tak perlu hidup di gubuk reyot ini? Omong kosong macam apa itu,” kata istrinya.
Menurut hemat saya, pencarian alif tak berkesudahan. Semestinya, pencarian dilakukan dengan jiwa yang bersih dan keyakinan yang dalam, bukan dengan keraguan dan kekosongan. Soal tuntutan hidup, seperti yang dituntut istri/anak, itu soal lain, meski merupakan kewajiban. Jadi, tak baik kalau dibenturkan, kecuali dihubungkan. Artinya, pencarian alif terus dilakukan, namun pencarian tuntutan hidup jangan ditinggalkan.
Alif itu adalah aksara arab pertama. Bentuknya tegak lurus ke atas menuju Sang Khalik. Saya teringat para wali, juga menafsirkan sama dan mensosialisasikannya melalui permainan anak, ‘main alif/p’. Seorang anak mengejar temannya. Bila berlindung pada alif (sebagai cendong) maka anak yang mengejar tak dapat menangkapnya.
Begitulah, kita sudah kehilangan alif/cendong/tempat berlindung. Anehnya, kita yang berasal dari-Nya, pasti kembali pada-Nya, tetapi berusaha untuk melupakan-Nya.
Pelanggaran Amsal Berakibat Fatal
Terus terang, saya suka cerpen Eka, karena sering mengejutkan. Ada hal-hal tak terduga, disampaikan menyentakkan. Contoh, ketika dia membuka cerpennya, mengakui Gemala, pelajar (entah sekolah apa) telah melakukan aborsi 3 kali serta dimutasikan dari sekolah (entah alasan apa). Anehnya, hal itu dilakukan Gemala hanya untuk melihat sang ibu menangis dan mengeluarkan air mata. Tentu sang ibu gemas dan marah, tetapi tetap tak menangis apalagi mencurahkan air mata.
Suatu kali, Gemala bermaksud menemui ayah yang lama berpisah. Dugaannya, ibu melarang, marah lalu menangis. Ternyata tidak, ibu malah mengizinkan. Bertemulah dia dengan ayahnya. Dari pengakuan ayah, baru diketahui kalau ibunya memang tidak bisa menangis dan menitiskan air mata. Sebabnya, ayah memukuli ibu (entah latar apa), hingga sakit bahkan pernah ingin membunuh Gemala (entah mengapa). Rupanya, ulah ayah, entah lebih/kurang/sama dengan anaknya. Sejak itulah, Gemala tahu diri, minta maaf pada ibu dan menyayangi sepenuh hati.
Cerpen ini begitu lancar, mengalir deras tanpa hambatan. Bila disisir secara cermat, ternyata fokus cerita terbelah dua. Satu, menyingkap kemisterian ibu yang tak bisa menangis, apalagi mengeluarkan air mata. Dua, membenarkan sikap dan kelakuan anarkhis anak (perbuatan dosa) untuk mengungkap kemisterian sang ibu. Akibatnya, timbul berbagai pertanyaan yang menuntut penjelasan/penegasan dari perbuatan dosa tersebut. Terlebih-lebih tidak terdapatnya hubungan signifikan antara ke dua belahan fokus cerita itu.
Ester berhasil mesdeskripsikan Tiur dan Lasma. Tiur, seorang janda tua, terkena amnesia,stroke, hipertensi. Terkadang menangis, tertawa, marah, pengingat, pelupa. Hidup butuh pertolongan. Lasma, seorang istri, beranak 1, hamil 5 bulan. Setia, sabar, penuh pengabdian mengurus keperluan hidup Tiur, emaknya. Tak terbayangkan, betapa lelah dan serba salah mengurus emak seperti ini. Emak, yang keras kepala itu hanya merindukan Marningot, anaknya yang jauh.
Marningot, tokoh bayangan, tampan, cerdas, namun berkelakuan buruk sejak kuliah. Tawuran, mencuri, berhutang (rumah terjual untuk membayar hutang), selingkuh dengan istri orang dan ayahnya meninggal terkena serangan jantung akibat kelakuan buruknya. Adik-adik dan keluarga memarahinya tetapi Tiur membela anak pertama lelakinya itu. Marningot mengaku salah, bertobat dan berdoa, namun begitu hidup mapan, dia lupa pada Tiur apalagi keluarga. Begitulah berulang kali. Terakhir dia bekerja ke Halmahera dan tak pernah pulang menjenguk Tiur yang merindukannya.
Cerpen ini selesai dengan membawa beban psikologis bagi Tiur dan Lasma hanya karena Ester tak berani terus terang. Sampai kapan Tiur harus memendam rindu? Sampai kapan Lasma memberitahu kalau Marningot/keluarga telah meninggal akibat flu burung? Padahal saya percaya, cerpen akan lebih merasuk bila kegelisahan psikologis itu dapat diungkap secara baik. Pemaknaan Amsal 30 : 17 makin menusuk ke jantung hati pembaca. Itulah hukuman anak yang menyia-nyiakan orangtua.
Penulis; Kritikus Sastra dan Dekan FKIP-UISU Medan /11 Mar 2012
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Anzieb
A. Azis Masyhuri
A. Dahana
A. Mustofa Bisri
A. Muttaqin
A. Qorib Hidayatullah
A. Yusrianto Elga
A. Zakky Zulhazmi
A.S Laksana
Aan Frimadona Roza
Aang Fatihul Islam
Abd. Rahman Mawazi
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Kirno Tanda
Abdul Wachid B.S.
Abdurrahman Wahid
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Sunjayadi
Adek Alwi
Adhy Rical
Adi Marsiela
Adian Husaini
Adin
Adzka Haniina Al Barri
AF. Tuasikal
Afnan Malay
AG. Alif
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan MN
Agung Poku
Agus Aris Munandar
Agus B. Harianto
Agus Buchori
Agus Himawan
Agus R. Subagyo
Agus Salim
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Naufel
Ahmad Sahal
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Sekhu
Akhmad Sofyan Hadi
Akhmad Taufiq
Alang Khoiruddin
Alex R Nainggolan
Alfred Tuname
Ali Irwanto
Ali Syamsudin Arsi
Alunk Estohank
Alvi Puspita
Amandus Klau
Amel
Amien Kamil
Anam Rahus
Andaru Ratnasari
Andong Buku #3
Angela
Anggraini Lubis
Anindita S Thayf
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anwar Siswadi
Aprinus Salam
Ardus M Sawega
Ari Pahala Hutabarat
Arie MP Tamba
Arif Bagus Prasetyo
Arti Bumi Intaran
Arwan Tuti Artha
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Juanda
Asep Salahudin
Asep Sambodja
Asrama Mahasiswa Aceh Sabena
Astrid Reza
Atmakusumah
Awalludin GD Mualif
Awan Abdullah
Ayi Jufridar
Azyumardi Azra
B Sugiharto
Badrut Tamam
Bagja Hidayat
Bahrul Ulum A. Malik
Bakdi Soemanto
Balada
Bambang kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Baskara T Wardaya SJ
Bayu Agustari Adha
Bayu Ambuari
Beni Setia
Benny Arnas
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Berto Tukan
BI Purwantari
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Bonnie Triyana
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiarto Shambazy
Buldanul Khuri
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chandra Iswinarno
Cover Buku
D. Zawawi Imron
Dadan Sutisna
Dadang Ari Murtono
Dahta Gautama
Damanhuri
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danang Probotanoyo
Danarto
Daniel Paranamesa
Dareen Tatour
Darju Prasetya
Darma Putra
Darwis Rifai Harahap
Dayat Hidayat
Dede Kurniawan
Deepe
Denny JA
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dhewi Susanti
Dian Hartati
Diana AV Sasa
Djasepudin
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djunaedi Tjunti Agus
Doan Widhiandono
Doddy Hidayatullah
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donatus Nador
Donny Anggoro
Dr Junaidi
Dr. Simuh
Dwi Cipta
Dwi Pranoto
Dwi Wahyu Handayani
Dwicipta
Dyah Ratna Meta Novi
Edeng Syamsul Ma’arif
Eduard Tambunan
Edy Firmansyah
Edy Sartimin
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Hendri Saiful
Ellyn Novellin
Elokdyah Meswati
Emha Ainun Nadjib
Endah Imawati
Endhiq Anang P
Endi Biaro
Esai
Eva Dwi Kurniawan
Evan Ys
Evi Idawati
Evieta Fajar
F Rahardi
F. Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faisal Syahreza
Fanani Rahman
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fatmin Prihatin Malau
Fauzan Al-Anzhari
Fenny Aprilia
Festival Gugur Gunung
Fikri. MS
Firdaus Muhammad
Fransiskus Nesten Marbun ST
Franz Kafka
Free Hearty
Furqon Abdi
Gde Artawan
Gerakan Literasi Nasional
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunawan Budi Susanto
Gunoto Saparie
Gus Noy
H. Rosihan Anwar
Hadi Napster
Halim HD
Hamdy Salad
Han Gagas
Hanibal W. Y. Wijayanta
Haris del Hakim
Haris Firdaus
Hartono Harimurti
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasanudin Abdurakhman
Hasif Amini
Hasnan Bachtiar
Hastho Suprapto
Hawe Setiawan
Helvy Tiana Rosa
Hendra Junaedi
Hendra Makmur
Hendra Sugiantoro
Hendriyo Widi
Henry H Loupias
Heri CS
Heri Latief
Herman Hasyim
Herman RN
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Hesma Eryani
Hikmat Gumelar
Hilyatul Auliya
Hudan Hidayat
Hujuala Rika Ayu
Humam S Chudori
I Nyoman Suaka
I Nyoman Tingkat
IBM Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
Idha Saraswati
Idris Pasaribu
Igk Tribana
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Ilham Q. Moehiddin
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Indrian koto
Inggit Putria Marga
Irman Syah
Isbedy Stiawan ZS
Ismi Wahid
Istiqomatul Hayati
Iswadi Pratama
Iwan Gunadi
Iwan Komindo
Iwan Kurniawan
J. Sumardianta
Jamrin Abubakar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jenny Ang
Jihan Fauziah
Jimmy Maruli Alfian
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Joni Lis Efendi
Jual Buku Paket Hemat
Jusuf A.N
Kalis Mardi Asih
Karkono
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Katrin Bandel
Kenedi Nurhan
Khawas Auskarni
Khoirur Rizal Umami
Komunitas Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kostela
Kritik Sastra
Kusno
Kuswaidi Syafi’ie
L.N. Idayanie
Laksmi Pamuntja
Lan Fang
Lathifa Akmaliyah
Leila S. Chudori
Lies Susilowati
Lily Yulianti Farid
Lina Kelana
Linda Sarmili
Liza Wahyuninto
LP3M Universitas Jember
Lukman Asya
Lutfi Mardiansyah
M Arman AZ
M Hari Atmoko
M. Dhani Suheri
M. Faizi
M. Haninul Fuad
M. Ikhsan
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Lukluk Atsmara Anjaina
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahmoud Darwish
Mahmud Jauhari Ali
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Marlin Bato
Martin Aleida
Marwanto
Maryati
Mas Ruscitadewi
Mashuri
Maya Azeezah
Media: Crayon on Paper
Melani Budianta
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Menggalang Dana Amal
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Mestika Zed
Michael Gunadi Widjaja
Michael Ondaatje
Mihar Harahap
Mikhael Dua
Mila Novita
Misbahus Surur
Misranto
Moch. Faisol
Moh. Asy'ari Muthhar
Muh Muhlisin
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Farhand Muzakki
Muhammad Ghufron
Muhammad Hidayat
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Subarkah
Muhammad Yasir
Muhammad Yulius
Muhammadun A.S.
Muhibin AM
Muhidin M Dahlan
Mulyadi SA
Munawir Aziz
Mursai Esten
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Muslim Kasim
Musyafak
N Teguh Prasetyo
N. Mursidi
N. Syamsuddin CH. Haesy
Nanang Fahrudin
Nanang Suryadi
Naskah Monolog
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Nelson Alwi
Nirwan Ahmad Arsuka
Nissa Rengganis
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Novelet
Novianti Setuningsih
Nu’man ’Zeus’ Anggara
Nunung Nurdiah
Nunuy Nurhayati
Nur Ahmad Salman H
Nur Cholish Zaein
Nur Faizah
Nur Hidayati
Nuraz Aji
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nuriel Imamah
Nurul Anam
Nuryana Asmaudi SA
Ode Barta Ananda
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pameran Lukisan
Pamusuk Eneste
Pandu Radea
Pawang Surya Kencana
PDS H.B. Jassin
Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi AS
Priyambodo RH
Prosa
Pudyo Saptono
Puisi
Puji Santosa
PUstaka puJAngga
Putu Wijaya
Qaris Tajudin
R. Dachroni
R. Timur Budi Raja
Rachmat H Cahyono
Radhar Panca Dahana
Rahmi Hattani
Rainer Maria Rilke
Rakai
Rakhmat Giryadi
Rama Prabu
Ramadhan Batubara
Rambuana
Raudal Tanjung Banua
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Restoe Prawironegoro Ibrahim
Revolusi
RF. Dhonna
Ribut Wijoto
Rida Wahyuningrum
Ridwan Munawwar
Rilla Nugraheni
Rinto Andriono
Risang Anom Pujayanto
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rosdiansyah
Rosidi
Roso Titi Sarkoro
Rozi Kembara
Rukardi
Rz. Subagyo
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Saripuddin Lubis
Sastra Pemberontak
SastraNESIA
Sastri Bakry
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sayuri Yosiana
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Selo Soemardjan
Senggrutu Singomenggolo
Seni Rupa
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Setia Naka Andrian
Shiny.ane el’poesya
Si Burung Merak
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sinopsis
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Sitor Situmorang
Siwi Dwi Saputro
Sjaiful Masri
Sjifa Amori
SLG STKIP PGRI Ponorogo
Soeharto
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Sri Fitri Ana
Sri Wintala Achmad
St Sularto
Suci Ayu Latifah
Sudarmoko
Sugeng Satya Dharma
Sujiwo Tejo
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sungging Raga
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Supriyadi
Surya Lesmana
Suryanto Sastroatmodjo
Suseno
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Sutirman Eka Ardhana
Suwandi Adisuroso
Suyadi San
Switzy Sabandar
Syah A. Lathief
Syaifuddin Gani
Syaiful Amin
Syaiful Irba Tanpaka
Syarif Hidayatullah
Syifa Aulia
Sylvianita Widyawati
Tamrin Bey
Tan Malaka
TanahmeraH ArtSpace
Taofik Hidayat
Taufik Alwie
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh LR
Teguh Pamungkas
Teguh Setiawan
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Th. Sumartana
Theresia Purbandini
Timur Sinar Suprabana
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Wahono
Triyanto triwikromo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Ulfatin Ch
Ulil Abshar-Abdalla
Umar Fauzi Ballah
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Utami Widowati
Veven Sp. Wardhana
W Haryanto
W.S. Rendra
Wandi Barboy Silaban
Wanitaku-wanitaku
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Wayan Supartha
Wendi
Wildan Nugraha
Wishnubroto Widarso
Wong Wing King
Y. Thendra BP
Y. Wibowo
Yanto le Honzo
Yasraf Amir Piliang
Yeni Mulyani
Yesi Devisa
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yudhis M. Burhanudin
Yuli Akhmada
Yulia Sapthiani
Yuliarsa
Yunanto Sutyastomo
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuval Noah Harari
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Hae
Tidak ada komentar:
Posting Komentar