Syaiful Irba Tanpaka *
Lampung Post, 24 Agus 2008
SPIRITUALITAS berkesenian menjadi barang langka. Sama langkanya dengan harimau sumatera. Sseniman kita lebih banyak tidur dan bermimpi.
Beberapa catatan menarik tentang dunia kesenian di Lampung saya dapatkan setelah membaca Lampung Post. Ari Pahala Hutabarat menulis kurangnya kesadaran seniman mendudukkan karya seni pada pondasi rasionalitas (Teater dan Usaha Menjadi Rasional, 27-7); Iswadi Pratama yang mengungkapkan masih banyak seniman yang malas dan takut menekuni kesenian secara mati-matian karena tidak menjanjikan masa depan (Kesenian di Lampung; Rasional, Spiritual atau Libidinal, 3-8); dan Isbedy Stiawan Z.S. yang menyatakan pentingnya spirit berkesenian untuk mempertahankan eksistensi kesenian (Bangun Spiritual Berkesenian?, 10-8).
Berangkat dari tiga tulisan itu, saya pun ingin turut memberikan iuran pemikiran seputar kehidupan kesenian kita di Lampung.
Perihal Idealisme dan Profesionalisme
Ini hal mendasar bagi kehidupan dunia kesenian di Lampung. Banyak seniman tidak memiliki idealisme dalam menekuni kesenian sehingga karya-karya yang dihasilkan adalah karya-karya yang tidak ideal. Karya-karya amatiran yang dibuat (seringkali) secara instan berdasarkan even-even plat merah (pemerintah) atau pesanan ini pesanan itu, dalam rangka ini dalam rangka itu. Sedikit yang mengasah potensi wawasan dan gagasan kreatifnya secara idealis.
Idealisme ini penting sebab, pertama, merupakan modal utama seniman memilih dan menentukan konsepsi estetik untuk diekspresikan dalam karya-karyanya sehingga dapat membedakan dengan jelas ekspresi artistik karya seniman yang satu dengan yang lainnya. Sebagaimana kita mencermati karya-karya lukis Affandi (abstrak) Basuki Abdullah (realis) dan Dede Eri Supria (surealis) atau karya-karya Chairil Anwar (ekspresionisme) Sapardi Djoko Damono (impresif) dan Afrizal Malna (obskurantis).
Kecenderungan konsepsi estetik ini yang kemudian dalam perjalanan sejarah estetika dunia memperkenalkan adanya estetika masa renaisans (Prancesco Petrarca, Leonardo da Vinci, Francis Bacon), estetika easionalisme kontinental (Descartes, Alexander Baumgarten), estetika masa romantik (Schopenhauer, Nietzsche) dll.
Dalam skala makro dapat kita sebutkan adanya estetika Yunani Kuno yang bertumpu pada suatu kerangka kosmosentris di mana alam menjadi sesuatu yang sakral. Sedangkan estetika abad pertengahan bersifat teologis, yang menjadi titik acuan refleksi estetis adalah Tuhan. Lalu estetika masa modern dengan kata kunci “antropos”, di mana manusia menjadi titik pusat, titik tolak, dan titik gerak.
Kedua; idealisme secara otomatis akan membangun spiritualitas berkarya. Tidak hanya kemauan dan ketekunan tapi juga semangat mengeksplorasi proses kreatifnya menuju pencapaian yang bersifat inovatif.
Bagaimana misalnya Pablo Neruda (Peraih Nobel Kesusastraan Tahun 1971) terus memperbaiki gagasan-gagasannya dalam Obras Completas yang diterbitkan tahun 1951 sebanyak 459 halaman dan di tahun 1962 menjadi 1925 halaman lalu di tahun 1968 menjadi 3.237 halaman. Seperti juga karyanya Odas Elementales (1954–1959) yang berisi pesan-pesan kemanusiaan kepada dunia. Atau Elias Canetti (Peraih Nobel Kesusastraan Tahun 1981) yang menulis novelnya Die; Blendung pada tahun 1930-1931. Tentu masih banyak yang dapat dicontohkan bagaimana seniman dunia maupun Indonesia yang tetap memiliki semangat berkarya karena idealismenya, katakanlah Putu Wijaya.
Lalu, ketiga, idealisme akan mendasari moralitas seorang seniman untuk berkarya secara orisinal. Meski dikatakan “tidak ada yang baru di muka bumi ini” tapi buat seorang seniman yang bermoral tidak akan pernah berkarya dengan berdasarkan karya orang lain. Interteks dalam batas-batas tertentu adalah suatu kewajaran namun plagitasi merupakan “kekurangajaran” yang menghancurkan struktur nilai-nilai moralitas.
Dalam seni musik, suatu karya dikatakan sebagai karya plagiat apabila terdapat kesamaan dengan karya sebelumnya sebanyak 8 bar. Dalam karya sastra, suatu karya puisi sudah dapat dikatakan sebagai karya palgiat apabila terdapat kalimat “aku ini binatang jalang/dari kumpulan terbuang” dari puisi Aku Chairil Anwar yang sangat terkenal itu bila tanpa menuliskan alasan kenapa ia memakai larik-larik sajak itu.
Alhasil, idealisme dengan ketiga unsur yang dibangunnya yakni konsep, semangat, dan moral berkarya inilah yang membuat seniman menjadi profesional. Suatu kesadaran bahwa kesenian yang digelutinya adalah sebuah profesi.
Tentang profesionalisme ini, Iswadi Pratama pernah menganalogikan dengan sangat baik ketika membedah kesenimanan Isbedy Stiawan Z.S. yang dikatakannya ibarat “nelayan” maka apatah mungkin dapat disamakan dengan seseorang yang ingin mendapatkan ikan dengan memancing di kolam pemancingan sebagai rekreasi?
***
Fenomena kesenian di Lampung yang dituturkan Iswadi sebagai keadaan “jahiliah” sangat dimungkinkan karena ketiadaan idealisme seniman. Sehingga dalam banyak even kesenian kita seringkali kebingungan mencari konsepsi estetik karya-karya yang digelar, umpamanya. Kita lebih banyak menemukan karya-karya instan yang tidak didukung pengetahuan teknis standar, wawasan budaya yang memadai serta gagasan kreatif yang bernas. Kesenian yang inginnya berakar pada nilai-nilai tradisi tapi tidak dibarengi pengetahuan dan wawasan tentang filosofis tradisi itu sendiri. Kesenian yang maunya mengangkat nilai-nilai kontemporer namun miskin perenungan tentang peristiwa politik, ekonomi, sosial dan budaya yang terjadi di sekitarnya. Jadilah kesenian tanpa roh. Kesenian yang libidinal. Kesenian yang lahir dari syahwat berkreasi yang temporal.
Dalam keadaan ini maka spiritualitas berkesenian menjadi barang langka. Sama langkanya dengan harimau Sumatera. Pasalnya seniman kita lebih banyak tidur dan bermimpi. Baru satu-dua kali melukis sudah bergaya seperti Leonardo da Vinci. Baru satu-dua kali menulis puisi menganggap diri seperti Sutardji Colzum Bachri. Baru satu-dua kali bikin koreografi lagaknya kayak Boy G. Sakti. Baru satu-dua kali buat komposisi menganggap mirip Harry Roesli. Manajemen yang dipakai dalam proses kreatifnya adalah Manajemen Houdini (ilusionis kondang itu). Simsalabim!!!
Begitulah kenapa yang terhormat seniman kita enggan membedah keseniannya sampai putih tulang belulang. Tidak menjadikan keseniannya sebagai learning process. Lesu darah. Kehilangan motivasi. Pragmatis. Maunya mencari mutiara tapi takut menyelam. Maunya berburu rusa tetapi takut masuk rimba.
Terjadi kesenjangan yang begitu lebar antara keinginan dan tindakan. Paradoks! Karena itu barangkali saya tidak perlu heran ketika mendapatkan karya-karya kesenian seniman Lampung yang menyajikan ikon-ikon tradisi Lampung sebagai ornamen belaka bukan jiwa dalam karya-karya yang katanya berakar tradisi. Lampung itu.
Bagaimana, misalnya, sebagian besar koreografer kita cuma memahami gerak-gerak dasar tari Lampung tapi tidak untuk filosofis ke-Lampung-annya. Sehingga yang kita saksikan dalam LombalTari Kreasi Festival Krakatau dari tahun ke tahun adalah koreografi yang hampir seragam, begitupun musik pengiringnya. Tersebab para koreografer dan penata musiknya hanya bertumpu pada gerak-gerak dasar tari Lampung dan ragam musik Lampung bukan pada nilai-nilai filosofis kehidupan masyarakat Lampung.
Sebagai perbandingan layak dicermati bagaimana seorang Eri Mefri mengangkat nilai-nilai tadisi Sumatera Barat dalam karya-karya koreografinya. Ini cuma contoh kecil dari kemalasan seniman kita.
Begitupun di bidang sastra masih kita lihat kosa-kata kosa kata Lampung yang dipergunakan dalam sebuah puisi atau cerpen melulu sebagai tempelan tanpa memengaruhi substansi filosofis dari pesan-pesan yang ingin disampaikan. Dan barangkali bila kosa-kata itu diganti dengan kosa kata yang sepadan dari daerah lain maka pesan yang terkandung dalam puisi masih tetap sama.
Pasalnya para seniman kita tidak pernah membaca dan memahami secara serius adat istiadat budaya Lampung. Masih sebatas permukaan saja. Mana pula ingin melakukan penelitian yang panjang untuk kebutuhan keseniannya. Melakukannya dengan metodologi-metodologi. Rasanya hampil mustahil apa yang diharapkan Ari Pahala untuk menjadi lebih rasional.
Lantas bagaimana dengan moralitas kesenian kita? Bagi para kreator, bagaimana ia membatasi proses kreatifnya dalam koridor etis dan estetis. Norma-norma yang disepakati sebagai bingkai moral berkesenian. Bahwa plagiator itu tindakan primitif dan karenanya tidak boleh mendapat tempat dalam dunia (kreativitas) modern. Bahwa kualitas karya lebih utama ketimbang kuantitas karya (produktivitas) sehingga penggalian kreativitas harus terus menerus dilakukan. Bahwa eksplorasi ide-ide lebih penting untuk menghasilkan pencapaian kreativitas yang inovatif.
Dan bagi para aktor mengasah kemampuan lewat latihan dan membaca literatur-literatur lebih perlu ketimbang pementasan-pementasan. Sebab pementasan yang utama itu adalah latihan itu sendiri. Bahwa materi bukanlah tujuan karena yang lebih afdol ialah kebutuhan “menjadi aktor”. Ini merupakan persoalan-persoalan moral berkesenian yang harus diatasi.
Pada sisi lain terjadi kasus-kasus moral yang sempat mewarnai kesenian kita. Dewan Juri Lomba Menulis Cerita Pendek untuk pelajar yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Lampung pernah kecolongan; ternyata seorang pemenang memplagitasi karya sastrawan Hamsad Rangkuti.
Kasus moral ini mungkin bisa dimaklumi karena menyangkut seorang pemula namun tetap harus diberi peringatan keras bahwa plagiarisme merupakan cara-cara tidak bermoral dalam dunia kreatif. Juga menurut hukum dapat diberikan sanksi secara pidana.
Kasus lainnya saya temui di bidang seni tari kalau ternyata seorang koreografer di Lampung yang notabene sarjana seni tari, karya-karyanya justru memplagitasi koreografi yang dipentaskan dalam event tingkat nasional. Lalu karena minimnya wawasan dewan juri yang tidak mengikuti perkembangan tari nasional, karya-karya plagiat itupun beberapa tahun jadi juara pertama dalam event Lomba Tari Kreasi Festival Krakatau.
Sungguh dunia tari di Lampung sudah “diledek” dan “dikentuti”. Tapi kenapa orang-orang tari tidak ada yang bersuara? Tidak mengikuti perkembangan tari nasional atau enggan menggugatnya. Padahal sudah beberapa tahun terjadi. Karena itu saya menyarankan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung jika betul-betul turut serta dalam pembinaan dan pembangunan dunia kesenian di Lampung, setelah pelaksanaan Lomba Tari Kreasi diadakan diskusi publik tentang pertanggungjawaban dewan juri dan para koreografernya. Jangan apriori dan menganggap ini bukan persoalan pemerintah daerah. Bukankah pembangunan kesenian menjadi tanggungjawab kita bersama: Seniman, pemerintah, dan masyarakat?
Kita tentunya tidak mengharapkan kesenian di Lampung dicemari oleh tindakan oknum-oknum seniman yang tidak memiliki moralitas berkesenian. Kesenian kita dicederai oleh karya-karya seniman yang culas. Yang berkarya atas nama kepentingan-kepentingan sesaat. Yang penting karyanya terlihat bagus. Yang penting dapat juara. Persetan kalau sudah melakukan pelecehan kreativitas.
Sungguh suatu hal yang memperihatinkan. Yang membuat satu faktor kenapa kesenian kita kurang mendapat tempat yang layak dan senimannya begitu langka yang meraih prestasi nasional.
Maaf kalau kebetulan saya mengambil bahasan dari dunia tari. Karena dibanding cabang-cabang seni yang lain (yang telah meraih prestasi nasional secara mandiri) bahwa seni tari kita belum bisa bicara apa-apa.
Betul kita memiliki penata tari yang meraih prestasi tingkat nasional sebagai koreografer terbaik Parade Tari Daerah (alm. Edi Bastari dan Titik Nurhayati) namun itu belumlah bisa dibanggakan karena terjadi pada event plat merah bukan hasil pencapaian kreatif yang “mengharu biru” (Taufiq Ismail).
Belum ada satupun koreografer kita yang dengan karyanya mendapatkan dana hibah dari Yayasan Kelola, misalnya. Ini tolok ukur yang sederhana. Konon pula yang diundang pada perhelatan akbar semacam Pentas Koreografer Muda Indonesia atau Indonesian Dance Festival (IDF) atau Arts Summit. Belum pernah ada.
Karena itu perlu menjadi renungan kita (para koreografer khususnya) bersama. Bahwa kondisi ini merupakan sebuah keprihatinan sekaligus peluang untuk berkompetisi secara konstruktif menjadi koreografer pertama yang menembus blantika seni tari nasional secara mandiri dan profesional. Tidak gampang memang. Karena merupakan hasil proses panjang berkesenian.
Seni dan Politik
Mencermati kegelisahan Isbedy tentang hubungan seni dan politik (pemerintah) sebagai suatu kenaifan. Saya pikir bukan suatu kesalahan dan bukan dosa manakala seorang atau sekelompok (komunitas) seniman menyertakan peran pemerintah dalam memproduksi karya keseniannya. Dan peran nyata dari pemerintah itu adalah dukungan dana yang memadai. Karena memang sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mengambil peran itu.
Sebagai perwujudan dari tanggung jawabnya mengembangkan kebudayaan bangsa. Sehingga menjadi suatu kewajaran bagi seniman mengambil langkah itu sebagai bagian dari strategi manajerial dalam me-manage keseniannya.
Isbedy (mestinya) tidak perlu merasa khawatir kalau ada seniman-seniman yang memiliki kedekatan emosional dengan tokoh-tokoh tertentu yang memiliki pengaruh dalam pemerintahan akan mengurangi dukungan pemerintah untuknya. Pemerintah dengan secara bijak telah mengalokasikan dana bantuan buat pembinaan dan pembangunan kesenian.
Justru kita harus merasa bangga bila pemerintah dapat mendukung seluas-luasnya setiap kegiatan kesenian dan membantu sebanyak-banyaknya seniman. Dan kita harus menerima kenyataan bahwa seniman sebagai manusia memiliki banyak karakter, motivasi dan tujuan berkeseniannya. Don’t worry be happy. Karena betapa pun juga ada hubungan yang erat antara seni dan politik. Sebuah hubungan timbal balik.
Komunikasi dialogis. Dengan mengambil setting Rusia awal abad ini Leon Trotsky mengungkapkan bahwa seni tidak pernah lepas dari kepentingan dan muatan politik. Banyak seniman yang menjalankan kreativitas seninya dalam rangka mencari kedudukan dan prestasi politis atau sekadar menyelamatkan diri dari kemungkinan malapetaka politis, dengan membuat karya yang mengagungkan para penguasa. Di sisi lain banyak juga penguasa yang meneguhkan status quo dengan mendayagunakan para seniman. Mereka, dengan janji maupun ancaman, memaksa para seniman membuat mitos-mitos tentang keagungan para pahlawan dan para petinggi negara. Dan terbukti seni sangat efektif.
Di samping persetujuan; di sisi lain karya seni juga mengandung penolakan dan bahkan pemberontakan terhadap pemerintah. Dan kita tidak bisa menghakimi keduanya. Karena keduanya diberikan tempat yang sama dalam tubuh dan jiwa demokrasi. Maka saya berharap kita dapat mengarifi kondisi ini sebagai capaian manajemen yang baik dari para seniman dalam memfungsikan peran negara.
* Syaiful Irba Tanpaka, Ketua Harian Dewan Kesenian Lampung.
Sumber: http://ulunlampung.blogspot.com/2008/08/apresiasi-idealisme-dalam-berkesenian.html
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Anzieb
A. Azis Masyhuri
A. Dahana
A. Mustofa Bisri
A. Muttaqin
A. Qorib Hidayatullah
A. Yusrianto Elga
A. Zakky Zulhazmi
A.S Laksana
Aan Frimadona Roza
Aang Fatihul Islam
Abd. Rahman Mawazi
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Kirno Tanda
Abdul Wachid B.S.
Abdurrahman Wahid
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Sunjayadi
Adek Alwi
Adhy Rical
Adi Marsiela
Adian Husaini
Adin
Adzka Haniina Al Barri
AF. Tuasikal
Afnan Malay
AG. Alif
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan MN
Agung Poku
Agus Aris Munandar
Agus B. Harianto
Agus Buchori
Agus Himawan
Agus R. Subagyo
Agus Salim
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Naufel
Ahmad Sahal
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Sekhu
Akhmad Sofyan Hadi
Akhmad Taufiq
Alang Khoiruddin
Alex R Nainggolan
Alfred Tuname
Ali Irwanto
Ali Syamsudin Arsi
Alunk Estohank
Alvi Puspita
Amandus Klau
Amel
Amien Kamil
Anam Rahus
Andaru Ratnasari
Andong Buku #3
Angela
Anggraini Lubis
Anindita S Thayf
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anwar Siswadi
Aprinus Salam
Ardus M Sawega
Ari Pahala Hutabarat
Arie MP Tamba
Arif Bagus Prasetyo
Arti Bumi Intaran
Arwan Tuti Artha
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Juanda
Asep Salahudin
Asep Sambodja
Asrama Mahasiswa Aceh Sabena
Astrid Reza
Atmakusumah
Awalludin GD Mualif
Awan Abdullah
Ayi Jufridar
Azyumardi Azra
B Sugiharto
Badrut Tamam
Bagja Hidayat
Bahrul Ulum A. Malik
Bakdi Soemanto
Balada
Bambang kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Baskara T Wardaya SJ
Bayu Agustari Adha
Bayu Ambuari
Beni Setia
Benny Arnas
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Berto Tukan
BI Purwantari
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Bonnie Triyana
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiarto Shambazy
Buldanul Khuri
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chandra Iswinarno
Cover Buku
D. Zawawi Imron
Dadan Sutisna
Dadang Ari Murtono
Dahta Gautama
Damanhuri
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danang Probotanoyo
Danarto
Daniel Paranamesa
Dareen Tatour
Darju Prasetya
Darma Putra
Darwis Rifai Harahap
Dayat Hidayat
Dede Kurniawan
Deepe
Denny JA
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dhewi Susanti
Dian Hartati
Diana AV Sasa
Djasepudin
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djunaedi Tjunti Agus
Doan Widhiandono
Doddy Hidayatullah
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donatus Nador
Donny Anggoro
Dr Junaidi
Dr. Simuh
Dwi Cipta
Dwi Pranoto
Dwi Wahyu Handayani
Dwicipta
Dyah Ratna Meta Novi
Edeng Syamsul Ma’arif
Eduard Tambunan
Edy Firmansyah
Edy Sartimin
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Hendri Saiful
Ellyn Novellin
Elokdyah Meswati
Emha Ainun Nadjib
Endah Imawati
Endhiq Anang P
Endi Biaro
Esai
Eva Dwi Kurniawan
Evan Ys
Evi Idawati
Evieta Fajar
F Rahardi
F. Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faisal Syahreza
Fanani Rahman
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fatmin Prihatin Malau
Fauzan Al-Anzhari
Fenny Aprilia
Festival Gugur Gunung
Fikri. MS
Firdaus Muhammad
Fransiskus Nesten Marbun ST
Franz Kafka
Free Hearty
Furqon Abdi
Gde Artawan
Gerakan Literasi Nasional
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunawan Budi Susanto
Gunoto Saparie
Gus Noy
H. Rosihan Anwar
Hadi Napster
Halim HD
Hamdy Salad
Han Gagas
Hanibal W. Y. Wijayanta
Haris del Hakim
Haris Firdaus
Hartono Harimurti
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasanudin Abdurakhman
Hasif Amini
Hasnan Bachtiar
Hastho Suprapto
Hawe Setiawan
Helvy Tiana Rosa
Hendra Junaedi
Hendra Makmur
Hendra Sugiantoro
Hendriyo Widi
Henry H Loupias
Heri CS
Heri Latief
Herman Hasyim
Herman RN
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Hesma Eryani
Hikmat Gumelar
Hilyatul Auliya
Hudan Hidayat
Hujuala Rika Ayu
Humam S Chudori
I Nyoman Suaka
I Nyoman Tingkat
IBM Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
Idha Saraswati
Idris Pasaribu
Igk Tribana
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Ilham Q. Moehiddin
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Indrian koto
Inggit Putria Marga
Irman Syah
Isbedy Stiawan ZS
Ismi Wahid
Istiqomatul Hayati
Iswadi Pratama
Iwan Gunadi
Iwan Komindo
Iwan Kurniawan
J. Sumardianta
Jamrin Abubakar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jenny Ang
Jihan Fauziah
Jimmy Maruli Alfian
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Joni Lis Efendi
Jual Buku Paket Hemat
Jusuf A.N
Kalis Mardi Asih
Karkono
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Katrin Bandel
Kenedi Nurhan
Khawas Auskarni
Khoirur Rizal Umami
Komunitas Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kostela
Kritik Sastra
Kusno
Kuswaidi Syafi’ie
L.N. Idayanie
Laksmi Pamuntja
Lan Fang
Lathifa Akmaliyah
Leila S. Chudori
Lies Susilowati
Lily Yulianti Farid
Lina Kelana
Linda Sarmili
Liza Wahyuninto
LP3M Universitas Jember
Lukman Asya
Lutfi Mardiansyah
M Arman AZ
M Hari Atmoko
M. Dhani Suheri
M. Faizi
M. Haninul Fuad
M. Ikhsan
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Lukluk Atsmara Anjaina
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahmoud Darwish
Mahmud Jauhari Ali
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Marlin Bato
Martin Aleida
Marwanto
Maryati
Mas Ruscitadewi
Mashuri
Maya Azeezah
Media: Crayon on Paper
Melani Budianta
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Menggalang Dana Amal
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Mestika Zed
Michael Gunadi Widjaja
Michael Ondaatje
Mihar Harahap
Mikhael Dua
Mila Novita
Misbahus Surur
Misranto
Moch. Faisol
Moh. Asy'ari Muthhar
Muh Muhlisin
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Farhand Muzakki
Muhammad Ghufron
Muhammad Hidayat
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Subarkah
Muhammad Yasir
Muhammad Yulius
Muhammadun A.S.
Muhibin AM
Muhidin M Dahlan
Mulyadi SA
Munawir Aziz
Mursai Esten
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Muslim Kasim
Musyafak
N Teguh Prasetyo
N. Mursidi
N. Syamsuddin CH. Haesy
Nanang Fahrudin
Nanang Suryadi
Naskah Monolog
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Nelson Alwi
Nirwan Ahmad Arsuka
Nissa Rengganis
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Novelet
Novianti Setuningsih
Nu’man ’Zeus’ Anggara
Nunung Nurdiah
Nunuy Nurhayati
Nur Ahmad Salman H
Nur Cholish Zaein
Nur Faizah
Nur Hidayati
Nuraz Aji
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nuriel Imamah
Nurul Anam
Nuryana Asmaudi SA
Ode Barta Ananda
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pameran Lukisan
Pamusuk Eneste
Pandu Radea
Pawang Surya Kencana
PDS H.B. Jassin
Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi AS
Priyambodo RH
Prosa
Pudyo Saptono
Puisi
Puji Santosa
PUstaka puJAngga
Putu Wijaya
Qaris Tajudin
R. Dachroni
R. Timur Budi Raja
Rachmat H Cahyono
Radhar Panca Dahana
Rahmi Hattani
Rainer Maria Rilke
Rakai
Rakhmat Giryadi
Rama Prabu
Ramadhan Batubara
Rambuana
Raudal Tanjung Banua
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Restoe Prawironegoro Ibrahim
Revolusi
RF. Dhonna
Ribut Wijoto
Rida Wahyuningrum
Ridwan Munawwar
Rilla Nugraheni
Rinto Andriono
Risang Anom Pujayanto
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rosdiansyah
Rosidi
Roso Titi Sarkoro
Rozi Kembara
Rukardi
Rz. Subagyo
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Saripuddin Lubis
Sastra Pemberontak
SastraNESIA
Sastri Bakry
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sayuri Yosiana
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Selo Soemardjan
Senggrutu Singomenggolo
Seni Rupa
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Setia Naka Andrian
Shiny.ane el’poesya
Si Burung Merak
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sinopsis
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Sitor Situmorang
Siwi Dwi Saputro
Sjaiful Masri
Sjifa Amori
SLG STKIP PGRI Ponorogo
Soeharto
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Sri Fitri Ana
Sri Wintala Achmad
St Sularto
Suci Ayu Latifah
Sudarmoko
Sugeng Satya Dharma
Sujiwo Tejo
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sungging Raga
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Supriyadi
Surya Lesmana
Suryanto Sastroatmodjo
Suseno
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Sutirman Eka Ardhana
Suwandi Adisuroso
Suyadi San
Switzy Sabandar
Syah A. Lathief
Syaifuddin Gani
Syaiful Amin
Syaiful Irba Tanpaka
Syarif Hidayatullah
Syifa Aulia
Sylvianita Widyawati
Tamrin Bey
Tan Malaka
TanahmeraH ArtSpace
Taofik Hidayat
Taufik Alwie
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh LR
Teguh Pamungkas
Teguh Setiawan
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Th. Sumartana
Theresia Purbandini
Timur Sinar Suprabana
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Wahono
Triyanto triwikromo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Ulfatin Ch
Ulil Abshar-Abdalla
Umar Fauzi Ballah
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Utami Widowati
Veven Sp. Wardhana
W Haryanto
W.S. Rendra
Wandi Barboy Silaban
Wanitaku-wanitaku
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Wayan Supartha
Wendi
Wildan Nugraha
Wishnubroto Widarso
Wong Wing King
Y. Thendra BP
Y. Wibowo
Yanto le Honzo
Yasraf Amir Piliang
Yeni Mulyani
Yesi Devisa
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yudhis M. Burhanudin
Yuli Akhmada
Yulia Sapthiani
Yuliarsa
Yunanto Sutyastomo
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuval Noah Harari
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Hae
Tidak ada komentar:
Posting Komentar