Imammuddin SA
“Seperti gerimis membasah kering tanah setelah bersetubuh dengan kemarau laga”. Itulah yang pas kiranya untuk menyambut hadirnya kumpulan puisi “Persinggahan Bayang-Bayang” karya Bambang Kempling. Setelah sekian lama kancah persajakan di belantara kesusastraan Lamongan sempat mengering, kini semua itu telah terhapus sudah dengan kehadiran “Persinggahan Bayang-Bayang”. Keberadaannya sebagai pengobat rindu yang mengendap-mengeram di dada para pecinta sastra khususnya puisi.
Bambang Kempling tergolong sebagai salah satu dari sekian banyak sastrawan senior Lamongan yang sangat produktif, di samping ada Herry Lamongan, Pringgo HR, Nurel Javissyarqi, Javed Paul Syata, A. Syauqi Sumbawi, dll. Keproduktifannya terlihat setelah sempat menerbitkan antologi puisi tunggalnya yang pertama “Kata Sebuah Sajak”, kini ia berhasil menerbitkan antologi tunggal yang kedua. Meski di usia yang terbilang tidak muda lagi, ia masih getol dan intens dalam menggurat sajak. Semangat bersastra yang membara seperti inilah yang seharusnya diteladani oleh sastrawan muda Indonesia saat ini, termasuk saya pribadi. Jujur saja, saya iri dan kagum dengannya.
Saya tidak banyak cuap-cuap. Langsung saja pada “Persinggahan Bayang-Bayang”. Berangkat dari covernya, saya teringat dengan mitos “Dewi Sri dan Dewa Sadana”. Sebenarnya cerita ini cukup banyak versi. Mereka berdua pada dasarnya adalah bersaudara. Karena suatu hal, oleh ayahnya, Raja Medang Kamulan, mereka berdua dikutuk. Dewi Sri dikutuk menjadi ular sawah sedangkan Sadana dikutuk menjadi burung sriti.
Karena kesabaran dan budi baiknya saat dalam masa kutukan, dewa yang ada di kahyangan memiliki rasa simpati yang lebih sehingga mereka berdua akhirnya diangkat menjadi seorang dewa dan dewi. Mereka berhak mendiyami kahyangan dan kedudukannya sederajat dengan dewa-dewa yang lain. Begitu juga dengan wujudnya, mereka berdua terbebas dari kutukan dan berwujud seperti semula, yaitu manusia.
Melihat sikap mereka berdua yang sangat baik terhadap sesama, sang penghulu dewa memberikan tugas yang sangat berat dan mulia. Dewi Sri dan Dewa Sadana ditugaskan untuk memberikan kesejahteraan bagi manusia di bumi melalui pangan. Mereka diturunkan di bumi secara terpisah. Dewi Sri diturunkan di darat sebagai Dewi Kesuburan tanah (di jawa simbolnya padi). Dewa Sadana diturunkan di laut dalam bentuk ikan. Dewa berkata bahwa mereka berdua yang bersaudara itu akan bisa bertemu dan bersatu di “sepanjang” (sebuah tempat makan yang panjang dan agung).
Berangkat dari mitos itulah saya mungupas kulit luar “Persinggahan Bayang-Bayang”. Buku kumpulan puisi ini merupakan buku yang sarat dengan nilai-nilai kemuliaan hidup yang tidak akan ada habisnya sebagaimana keberadaan ikan-ikan. Meskipun setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun diambil oleh manusia, ikan-ikan itu tidak akan ada habisnya. Ia akan selalu ada untuk memenuhi kebutuhan dan kemuliaan manusia.
Tengok saja sajak yang berjudul “Persinggahan Bayang-Bayang”. Puisi mencakup etape yang pertama yaitu mencari hakikat dan eksistensi diri sendiri. Kata “bayang-bayang” pada judul tersebut bermuara pada jati diri manusia. Keberadaan manusia di bumi ini ibarat sebuah bayang-bayang. Keberadaannya hanyalah bersifat semu.
Saya juga teringat dengan falsafah Jawa yang berbunyi “urip iku bebasan mampir ngombe”. Hidup di dunia itu diibaratkan hanya sebatas singgah untuk minum. Orang yang “singgah” itu pastilah tidak akan lama bahkan tidak mungkin akan menetap untuk selama-lamanya. Ia pasti akan pergi lagi untuk melanjutkan perjalanan.
Tujuan persinggahan di dunia tidak laian hanya untuk sekedar mencicipi kenikmatan dunia yang sedikit dan sementara. Kenikmatan itu hendaknya dirasakan secukupnya saja biar tidak membawa dampak negatif bagi diri sendiri. Kenikmatan yang sementara itu tidak perlu kita genggam erat karena itu hanya sebatas lewatan belaka.
Bagi Bambang Kempling, dunia ini tampak seperti koridor. Yaitu sebuah lorong kecil memanjang yang menghubungkan daerah terkurung. Kata “lorong kecil” merupakan suatu yang bersifat terbatas. Hal ini diperkuat kembali dengan kata “terkurung” yang berkonotasi pada ketidaksanggupan dalam melakukan sesuatu yang lebih bebas.
Kata ganti yang digunakan penyair dalam sajak ini adalah “mu”. Ini bisa merujuk pada pembaca yang diajak ngomong atau bahkan justru dia yang berdialog dengan diri sendiri. Ketika menyadari hal demikian, maka penyair berharap pada “mu” agar ada satu perenungan tentang persinggahannya yang sejenak ini. Yaitu tentang tujuan akhir perjalanan hidup dan kehidupannya sendiri.
“sebuah koridor // memanjang di lubuk malam // membawamu terdiam // berhitung dalam detik hentinya // :sendiri” (Persinggahan Bayang-Bayang, bait 1, hal: 29)
Patut dijadikan catatan bahwa setiap manusia adalah pemimpin yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban untuk diri sendiri. Dalam persinggahan hidup yang sejenak ini, apakah ia mampu memimpin diri sendiri atau justru malah menjerumuskannya dalam kehidupan yang kelam?
Dalam perjalanan tersebut, penyair menjelaskan bahwa kehidup sehari-hari yang “mu” lalui membuatnya enggan menunggu untuk sampai di muara waktu. “Mu” tidak mau menunggu akhir hayatnya dalam keadaan yang kelam sebab pengaruh perhiasan keduniawian serta hubungan horisontal sesama manusia. Di batas muara perjalanan, dua hal itu akan memberikan kesaksian yang sesungguhnya atas keragu-raguan yang selama ini mengendap dalam diri “mu”. Kesaksian itu berupa hakikat segala sesuatu yang ada dalam persinggahan sementara ini adalah semu, ada batasnya, dan pasti berakhir.
“hari-hari yang tergambar // menyajikan keengganan untuk menunggu // malam di persinggahan // antara pilar-pilar // cengkrama bayang-bayang // memberi kesaksian abadi atas sangsi” (Persinggahan Bayang-Bayang, bait 2, hal: 29)
Hal itupun terjawab sudah bahwa persinggahan ini pun telah berakhir. Segala sesuatu yang ada dalam kefanaan ini pasti pergi, berpisah, dan lepas seperti angin. Yang ada hanya berkas jejak yang ditinggalkannya, namun wujudnya hampa. Dan saat itu, dalam koridor fana ini, para penghuninya riuh, tak mampu menciptakan keheningan jiwa. Padahal, yang telah tiada dan berakhir telah berada dalam hening waktu.
“kini, pesta telah usai // lepas bagaikan seketsa angin // dan sebuah koridor itu // tak mampu mengisahkan keheningan” (Persinggahan Bayang-Bayang, bait 3, hal: 29).
Menyoal masalah jiwa yang hening, terdapat dua hal yang berbanding terbalik dalam realitas kehidupan. Ini terlukis dalam fenomena kelahiran dan kematian. Dalam kelahiran, semua orang menyambutnya dengan suka cita, sedangkan bayi yang lahir menangis dengan kencangnya. Sebaliknya, ketika seseorang meninggal dunia, orang-orang yang ada di sekeliling pasti menitikkan air mata, sedangkan yang meninggal khusyuk dalam keheningan.
Dalam tasawuf, bayi menangis saat terlahir ke dunia itu merupakan suatu isyarat atas adanya permasalahan yang berhubungan dengan tanggung jawabnya sebagai khalifah di bumi. Tangisan itu merupakan wujud dari ketakutan-ketakutan. Ketakutan yang dialami berorientasi pada dua hal. Pertama, jiwa/roh merasa jauh dengan Tuhan karena terpisah oleh dinding-dinding kemanusiaan. Kedua, takut apabila tidak sanggup mengemban amanat dari Tuhan sebagai khalifah yang membawa rahmatan lil’alamin.
Sedangkan seseorang yang meninggal itu terlihat tenang sebab roh telah keluar dari belenggu dinding-dinding kemanusiaan dan keduniawian. Roh merasa tenang sebab merasa dekat kembali dengan Tuhan. Namun masalah roh bisa kembali dekat dengan Tuhan itu tergantung amaliah selama berada di persinggahan jasadi dan duniawi. Apabila semasa dalam alam kebendaan ini roh bisa mengendalikan sifat kemanusiaan dengan ketenangan dan keheningan, maka ia akan dengan mudah kembali di sisi Tuhan. “Wahai jiwa-jiwa yang tenang, kembalilah kamu di sisi Tuhanmu dengan ridlo yang saling meridloi”.
Inilah kekuatan sajak Bambang Kempling, semakin digali lebih dalam, nilai kemuliaan akan semakin bermekaran. Inilah yang harus dimakan dan ditelan sebagai nutrisi hidup dan kehidupan agar kita tak salah melangkah. Intip saja lagi dari sajak yang berjudul “Kelopak Kembang Pilar Dekat Rumah”. Sajak ini tampaknya berbicara masalah keyakinan dan keimanan. Meskipun pada dasarnya judul sajak ini bisa jadi diambil saat penyair melihat sebuah tanaman hias (bunga) yang dijadikan pilar pagar sebuah rumah, tetap saja memiliki kandungan yang dahsyat jika digali isi sajaknya.
Kelopak merupakan suatu bagian tipis yang berfungsi sebagai tabir. Bunga dapat diartikan sebagai kebahagiaan atau cinta. Pilar adalah penyanggah, penyokong, atau penguat. Teras merupakan bagian depan dari sebuah rumah. Rumah dapat dimetaforkan sebagai hati. Jika dilebur jadi satu maka maksud judul itu yaitu keimanan yang ada di dalam hati itu memiliki tabir penyangga yang disebut cinta.
Tabir cinta itu telah mekar dalam kehidupan yang kotor ini. Tabir cinta itu menangkap sebuah petunjuk dari sebuah kabar tentang hakikat nama yang diagungkan. Dalam tradisi Jawa diistilahkan dengan “jenenge urip”, yaitu nama bagi hidup. Setiap hidup atau yang hidup pasti memiliki nama bahkan Tuhan juga punya nama yang termaktub dalam 99 asma’ul husnah. Nabi Muhammad juga memiliki 99 nama yang termaktub dalam kitab “Dala’ilul Khoiror”. Nabi Adam juga diajarkan oleh Allah nama-nama yang agung yang dirahasiakan sebagai bekal misi kemanusiaan dan untuk mematahkan kesombongan bangsa jin serta keragu-raguan malaikat. Nama-nama itulah sebagai bentuk penguat keimanan manusia agar menjadi makhluk yang unggul, kuat, dan mulia dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lain.
merekah di antara // daun-daun berdebu // ia menangkap bulir-bulir cahaya // dari secarik kabar // tentang rahasia untuk nama-nama // yang telah diagungkan (Kelopak Kembang Pilar Teras Rumah, bait 1, hal 49).
Dalam hal ini penyair juga mengajak dialog pembaca. Ia menanyakan langsung kepada pembaca, apakah pembaca mendengar kabar tersebut dari Tuhan? Saat mengetahui kabar rahasia nama-nama itu, dengan seketika hati penyair tersentuh hingga menembus sukma.
“kau dengar siulan itu?” katanya // Angin lembut kemudian menjentik-jentik sukma (Kelopak Kembang Pilar Teras Rumah, bait 2 dan 3, hal 49).
Penyair kembali bertanya kepada pembaca, tetapi tentang mimpi, harapan, dan cita-cita. apakah pembaca merasakan mimpi-mimpi itu? Mimpi itu berupa fenomena jalan kembali kepada Tuhan yang sangat bercabang-cabang. Mimpi tentang sarana atau kendaraan yang digunakan untuk sampai di sisi Tuhan. Mimpi tentang berbagai bentuk fenomena kehidupan yang harus ditinggalkan dengan keheningan dan ketenangan demi bersatu kembali dengan Tuhan sebagai kekasihnya. Semua itu terus bermekaran dalam keimanan seorang manusia yang tercerahkan hingga berakhir pada batu nisan.
adakah kau telah menikmati // mimpi yang telah kau curi darinya // :mimpinya tentang jalan berayun // buat kereta pada taburnya // mimpinya tentang helai-helai warna // yang terbang saat hening (Kelopak Kembang Pilar Teras Rumah, bait 4 , hal 49). ia merambat sampai setapak jalan berbatu (Kelopak Kembang Pilar Teras Rumah, bait 5, hal 49).
Mimpi tidak hanya berorientasi pada harapan dan cita-cita. mimpi juga dapat berkonotasi pada suatu bentuk pengetahuan dan kesadaran. Sebab pada dasarnya Tuhan kerap memberikan petunjuk atau pengetahuan kepada manusia melalui mimpi-mimpi. Mimpi yang berupa petunjuk atau pengetahuan itu merupakan suatu hidayah yang luar biasa. Dapat dikatakan mimpi tersebut merupakan suatu pengetahuan yang diambil sebelum suatu peristiwa terjadi dalam realitas. Mimpi ini diberikan tanpa sepengatahuan orang lain. Hanya Tuhan dan orang yang diberi hidayah, petunjuk, dan pengetahuan melalui mimpi itu sendiri.
Sebuah isyarat juga disampaikan Bambang Kempling dalam sajak “Setangkai Daun Buat Kawan”. Kali ini ia mengambil hujjah pada kehidupan anak-anak. Dalam sajak ini, anak-anak digambarkan sedang menunggu penyair dan kawannya, bisa jadi pembaca juga. Ada satu hal yang dilakukan oleh para anak itu, yaitu merencanakan masa tuanya yang mulia dengan kepolosan dan kesucian. Dengan polos ia ia merencanakan masa depannya dengan sederhana dan tidak neko-neko. Sementara itu, sang penyair dilukiskan sebagai sosok manusia yang tak pasti dan selalu diliputi dengan kesalahan dan kekhilafan. Manusia adalah tempat salah dan lupa.
anak-anak menunggu kita di jalanan // sembari melukis senja di ujung kubah // sedang kita hanya sebatas bayang // yang luput di persinggahan (Setangkai Daun Buat Kawan, bait 1, hal 30).
Bagi penyair, kehidupannya yang telah terlewati terasa sepi dan sangat sepi. Ia merindukan satu kehidupan yang sama persis dengan kehidupan yang dirindukan kawannya. Kehidupan yang dicita-citakan penyair beserta kawannya yaitu mampu menikmati keindahan hidup di usia tua. Saat usia itu tiba, mereka tidak ingin lagi disibukkan dengan hal-hal keduniawian yang menjerat-mengikat pada keresahan. Mereka hanya ingin menikmati kedamaian dan ketenangan jiwa dalam menyongsong datangnya ajalnya.
gerimis kemarin malam // terasa sepi // amatlah sepi (Setangkai Daun Buat Kawan, bait 2, hal 30). setangkai daun yang kau rindui // kurindui juga // tapi // bagaimana kita bisa menikmati // segores senja itu? (Setangkai Daun Buat Kawan, bait 3, hal 30).
Dari fenomena anak kecil yang telah ditangkap penyair, ada satu hal besar dan luar biasa yang memberkas di relung hatinya. Ia menangkap bahwa dalam jiwa anak-anak selalu bermekaran bunga kebahagiaan meskipun dirinya tergulung dalam keterpurukan dan luka. Kehidupan yang semacam inilah yang ingin dipersembahkan penyair untuk diri sendiri dan sahabatnya. Kehidupan tanpa kesedihan. Kehidupan tanpa keluhan.
sapuan yang tersisa // :ada pada senyum yang mengembang // dari luka anak-anak kita (Setangkai Daun Buat Kawan, bait 4, hal 30).
Fenomena yang terlukis di atas adalah sebagian kecil dari kandunga sajak-sajak Bambang Kempling. Orientasi utama isinya adalah untuk mengangkat derajat manusian dalam kemuliaan hidup sebagai khalifah fil ardli. Ini adalah catata kesementaraan untuk kehidupan yang abadi dan selamanya, ketika manusia menjalankan tanggung jawabnya dalam kurungan kefanaan.
7 Juli 2014, Lamongan, Jawa Timur.
http://sastra-indonesia.com/2014/09/catatan-sementara-untuk-selamanya-sebuah-hakikat-hidup-yang-fana/
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Anzieb
A. Azis Masyhuri
A. Dahana
A. Mustofa Bisri
A. Muttaqin
A. Qorib Hidayatullah
A. Yusrianto Elga
A. Zakky Zulhazmi
A.S Laksana
Aan Frimadona Roza
Aang Fatihul Islam
Abd. Rahman Mawazi
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Kirno Tanda
Abdul Wachid B.S.
Abdurrahman Wahid
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Sunjayadi
Adek Alwi
Adhy Rical
Adi Marsiela
Adian Husaini
Adin
Adzka Haniina Al Barri
AF. Tuasikal
Afnan Malay
AG. Alif
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan MN
Agung Poku
Agus Aris Munandar
Agus B. Harianto
Agus Buchori
Agus Himawan
Agus R. Subagyo
Agus Salim
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Naufel
Ahmad Sahal
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Sekhu
Akhmad Sofyan Hadi
Akhmad Taufiq
Alang Khoiruddin
Alex R Nainggolan
Alfred Tuname
Ali Irwanto
Ali Syamsudin Arsi
Alunk Estohank
Alvi Puspita
Amandus Klau
Amel
Amien Kamil
Anam Rahus
Andaru Ratnasari
Andong Buku #3
Angela
Anggraini Lubis
Anindita S Thayf
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anwar Siswadi
Aprinus Salam
Ardus M Sawega
Ari Pahala Hutabarat
Arie MP Tamba
Arif Bagus Prasetyo
Arti Bumi Intaran
Arwan Tuti Artha
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Juanda
Asep Salahudin
Asep Sambodja
Asrama Mahasiswa Aceh Sabena
Astrid Reza
Atmakusumah
Awalludin GD Mualif
Awan Abdullah
Ayi Jufridar
Azyumardi Azra
B Sugiharto
Badrut Tamam
Bagja Hidayat
Bahrul Ulum A. Malik
Bakdi Soemanto
Balada
Bambang kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Baskara T Wardaya SJ
Bayu Agustari Adha
Bayu Ambuari
Beni Setia
Benny Arnas
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Berto Tukan
BI Purwantari
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Bonnie Triyana
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiarto Shambazy
Buldanul Khuri
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chandra Iswinarno
Cover Buku
D. Zawawi Imron
Dadan Sutisna
Dadang Ari Murtono
Dahta Gautama
Damanhuri
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danang Probotanoyo
Danarto
Daniel Paranamesa
Dareen Tatour
Darju Prasetya
Darma Putra
Darwis Rifai Harahap
Dayat Hidayat
Dede Kurniawan
Deepe
Denny JA
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dhewi Susanti
Dian Hartati
Diana AV Sasa
Djasepudin
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djunaedi Tjunti Agus
Doan Widhiandono
Doddy Hidayatullah
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donatus Nador
Donny Anggoro
Dr Junaidi
Dr. Simuh
Dwi Cipta
Dwi Pranoto
Dwi Wahyu Handayani
Dwicipta
Dyah Ratna Meta Novi
Edeng Syamsul Ma’arif
Eduard Tambunan
Edy Firmansyah
Edy Sartimin
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Hendri Saiful
Ellyn Novellin
Elokdyah Meswati
Emha Ainun Nadjib
Endah Imawati
Endhiq Anang P
Endi Biaro
Esai
Eva Dwi Kurniawan
Evan Ys
Evi Idawati
Evieta Fajar
F Rahardi
F. Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faisal Syahreza
Fanani Rahman
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fatmin Prihatin Malau
Fauzan Al-Anzhari
Fenny Aprilia
Festival Gugur Gunung
Fikri. MS
Firdaus Muhammad
Fransiskus Nesten Marbun ST
Franz Kafka
Free Hearty
Furqon Abdi
Gde Artawan
Gerakan Literasi Nasional
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gunawan Budi Susanto
Gunoto Saparie
Gus Noy
H. Rosihan Anwar
Hadi Napster
Halim HD
Hamdy Salad
Han Gagas
Hanibal W. Y. Wijayanta
Haris del Hakim
Haris Firdaus
Hartono Harimurti
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasanudin Abdurakhman
Hasif Amini
Hasnan Bachtiar
Hastho Suprapto
Hawe Setiawan
Helvy Tiana Rosa
Hendra Junaedi
Hendra Makmur
Hendra Sugiantoro
Hendriyo Widi
Henry H Loupias
Heri CS
Heri Latief
Herman Hasyim
Herman RN
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Hesma Eryani
Hikmat Gumelar
Hilyatul Auliya
Hudan Hidayat
Hujuala Rika Ayu
Humam S Chudori
I Nyoman Suaka
I Nyoman Tingkat
IBM Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
Idha Saraswati
Idris Pasaribu
Igk Tribana
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Ilham Q. Moehiddin
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Indrian koto
Inggit Putria Marga
Irman Syah
Isbedy Stiawan ZS
Ismi Wahid
Istiqomatul Hayati
Iswadi Pratama
Iwan Gunadi
Iwan Komindo
Iwan Kurniawan
J. Sumardianta
Jamrin Abubakar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jenny Ang
Jihan Fauziah
Jimmy Maruli Alfian
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Joni Lis Efendi
Jual Buku Paket Hemat
Jusuf A.N
Kalis Mardi Asih
Karkono
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Katrin Bandel
Kenedi Nurhan
Khawas Auskarni
Khoirur Rizal Umami
Komunitas Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kostela
Kritik Sastra
Kusno
Kuswaidi Syafi’ie
L.N. Idayanie
Laksmi Pamuntja
Lan Fang
Lathifa Akmaliyah
Leila S. Chudori
Lies Susilowati
Lily Yulianti Farid
Lina Kelana
Linda Sarmili
Liza Wahyuninto
LP3M Universitas Jember
Lukman Asya
Lutfi Mardiansyah
M Arman AZ
M Hari Atmoko
M. Dhani Suheri
M. Faizi
M. Haninul Fuad
M. Ikhsan
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S.
M. Lukluk Atsmara Anjaina
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahmoud Darwish
Mahmud Jauhari Ali
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Marlin Bato
Martin Aleida
Marwanto
Maryati
Mas Ruscitadewi
Mashuri
Maya Azeezah
Media: Crayon on Paper
Melani Budianta
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Menggalang Dana Amal
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Mestika Zed
Michael Gunadi Widjaja
Michael Ondaatje
Mihar Harahap
Mikhael Dua
Mila Novita
Misbahus Surur
Misranto
Moch. Faisol
Moh. Asy'ari Muthhar
Muh Muhlisin
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Farhand Muzakki
Muhammad Ghufron
Muhammad Hidayat
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Subarkah
Muhammad Yasir
Muhammad Yulius
Muhammadun A.S.
Muhibin AM
Muhidin M Dahlan
Mulyadi SA
Munawir Aziz
Mursai Esten
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Muslim Kasim
Musyafak
N Teguh Prasetyo
N. Mursidi
N. Syamsuddin CH. Haesy
Nanang Fahrudin
Nanang Suryadi
Naskah Monolog
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Nelson Alwi
Nirwan Ahmad Arsuka
Nissa Rengganis
Noor H. Dee
Noval Jubbek
Novel
Novelet
Novianti Setuningsih
Nu’man ’Zeus’ Anggara
Nunung Nurdiah
Nunuy Nurhayati
Nur Ahmad Salman H
Nur Cholish Zaein
Nur Faizah
Nur Hidayati
Nuraz Aji
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nuriel Imamah
Nurul Anam
Nuryana Asmaudi SA
Ode Barta Ananda
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pameran Lukisan
Pamusuk Eneste
Pandu Radea
Pawang Surya Kencana
PDS H.B. Jassin
Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi AS
Priyambodo RH
Prosa
Pudyo Saptono
Puisi
Puji Santosa
PUstaka puJAngga
Putu Wijaya
Qaris Tajudin
R. Dachroni
R. Timur Budi Raja
Rachmat H Cahyono
Radhar Panca Dahana
Rahmi Hattani
Rainer Maria Rilke
Rakai
Rakhmat Giryadi
Rama Prabu
Ramadhan Batubara
Rambuana
Raudal Tanjung Banua
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Restoe Prawironegoro Ibrahim
Revolusi
RF. Dhonna
Ribut Wijoto
Rida Wahyuningrum
Ridwan Munawwar
Rilla Nugraheni
Rinto Andriono
Risang Anom Pujayanto
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rosdiansyah
Rosidi
Roso Titi Sarkoro
Rozi Kembara
Rukardi
Rz. Subagyo
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Saripuddin Lubis
Sastra Pemberontak
SastraNESIA
Sastri Bakry
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sayuri Yosiana
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Selo Soemardjan
Senggrutu Singomenggolo
Seni Rupa
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Setia Naka Andrian
Shiny.ane el’poesya
Si Burung Merak
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sinopsis
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Sitor Situmorang
Siwi Dwi Saputro
Sjaiful Masri
Sjifa Amori
SLG STKIP PGRI Ponorogo
Soeharto
Sofian Dwi
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Sri Fitri Ana
Sri Wintala Achmad
St Sularto
Suci Ayu Latifah
Sudarmoko
Sugeng Satya Dharma
Sujiwo Tejo
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sungging Raga
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Supriyadi
Surya Lesmana
Suryanto Sastroatmodjo
Suseno
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Sutirman Eka Ardhana
Suwandi Adisuroso
Suyadi San
Switzy Sabandar
Syah A. Lathief
Syaifuddin Gani
Syaiful Amin
Syaiful Irba Tanpaka
Syarif Hidayatullah
Syifa Aulia
Sylvianita Widyawati
Tamrin Bey
Tan Malaka
TanahmeraH ArtSpace
Taofik Hidayat
Taufik Alwie
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh LR
Teguh Pamungkas
Teguh Setiawan
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Th. Sumartana
Theresia Purbandini
Timur Sinar Suprabana
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Wahono
Triyanto triwikromo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Ulfatin Ch
Ulil Abshar-Abdalla
Umar Fauzi Ballah
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Utami Widowati
Veven Sp. Wardhana
W Haryanto
W.S. Rendra
Wandi Barboy Silaban
Wanitaku-wanitaku
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Wayan Supartha
Wendi
Wildan Nugraha
Wishnubroto Widarso
Wong Wing King
Y. Thendra BP
Y. Wibowo
Yanto le Honzo
Yasraf Amir Piliang
Yeni Mulyani
Yesi Devisa
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yudhis M. Burhanudin
Yuli Akhmada
Yulia Sapthiani
Yuliarsa
Yunanto Sutyastomo
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuval Noah Harari
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Hae

Tidak ada komentar:
Posting Komentar